Selling with Magnetic Communication

Seminggu yang lalu (terhitung dari tanggal publikasi), ada peserta mentoring online bertanya mengenai Magnetic Communication dan kaitannya dengan penjualan ditengah krisis.

Agar memiliki pandangan yang sama dengan mereka, Anda perlu tahu bahwa tujuan akhir Magnetic Communication adalah membuat proses penjualan menjadi lebih mudah.

Mudah ini dalam artian Anda lebih punya kendali terhadap prospek atau customer dan terhadap harga.Tidak perlu berlelah-lelah kemana lagi harus mencari prospek selanjutnya.

Singkatnya… prospek yang mencari Anda. Bukan sebaliknya.

Balik ke peserta mentoring…

Nah, peserta ini bertanya, “Apakah dimasa sulit seperti saat ini, masih berlaku?”

“Saya tidak tahu apa ini yang sering diajarkan oleh Sales Trainer.”, demikian jawab saya dengan penasaran sekaligus bingung.

“Bagi saya, ini tergantung. Apakah target pasar Anda dalam keadaan siap untuk bertransaksi?”, lanjut saya.

Kemudian peserta tersebut kembali bertanya, “Bukankah dengan Magnetic Communication kita dapat melakukan Shifting Audience Mindset?”

“Benar. Tetapi kalau pasar tidak dalam keadaan siklus belanja, maka sulit terjadi transaksi. Namun demikian dampak dari Shifting Audience Mindset adalah ketika target pasar nantinya dalam keadaan mencari-cari atau siap, mereka akan tahu kepada siapa mereka harus mencari.”, jawab saya.

Catatan: Shifting Audience Mindset adalah satu dari lima manfaat yang Magnetic Communication dapat berikan untuk bisnis.

* * *

Pasar yang dibidik memiliki karakter. Antara industri satu dengan yang lainnya, boleh jadi berbeda. Ada yang sepanjang tahun dalam keadaan mencari-cari produk, ada juga yang hanya mencarinya musiman.

Jika pasar yang dibidik melakukan pencarian pada musim tertentu, maka Anda tidak dapat mengubahnya. Anda hanya dapat mengikuti siklus belanja mereka.

Lalu apa harus diem saja sembari menunggu musim tersebut tiba?

Ya engga lah.

Bangun hubungan dan edukasi mereka. Ini akan membantu mengubah paradigma target pasar terhadap produk yang Anda tawarkan.

Apalagi jika produk yang Anda tawarkan harganya tinggi. Semakin mahal suatu produk, semakin Anda perlu mengedukasi pasar.

Keuntungan lain dari aktivitas ini adalah Anda menjadi Top of Mind bagi target pasar. Anda yang akan muncul pertama kali ketika mereka sudah waktunya untuk berbelanja. Sementara… kompetitor Anda yang tidak melakukannya tenggelam di hutan belantara kompetisi dalam kepala target pasar.

 

#HackingBisnis

“Exploit Your Business to Ultimate Profit”

 


Dapatkan artikel dan informasi SPESIAL lainnya dengan menuliskan Nama & Email Anda. SAAT INI JUGA!

Leave a Reply