Social Media Week Jakarta

Social Media telah menjadi sesuatu yang lumrah dewasa ini, terutama dikalangan generasi muda. Dengan pesatnya pertumbuhan pengguna (dan platform) diberbagai belahan dunia, Social Media menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis. Menjelang berakhirnya bulan Februari 2015 kemarin, untuk pertama kalinya acara Social Media Week digelar di Jakarta.

Di tengah berlangsungnya Social Media Week, BloombergTV melalui acara TechNow mengangkat topik mendapatkan uang dari Social Media (kalimat aslinya njelimet, lihat saja pada akhir artikel ini). Hal ini tentunya sangat menarik untuk disimak, apalagi berdasarkan data yang dihimpun oleh BloombergTV, tampak jelas bahwa lebih dari 20% orang Indonesia menggunakan Social Media (sekitar 72 juta pengguna). Sedangkan akses Social Media melalui perangkat mobile, seperti smartphone, mencapai 62 juta (sekitar 86%).

Pada sesi wawancara, TechNow mengundang Abang Edwin SA membahas mengenai Social Media Week dan bagaimana mendapatkan uang bagi bisnis. Berikut ini catatan singkat saya dari wawancara tersebut :

  • Acara Social Media Week lebih ditujukan untuk kalangan bisnis.
  • Di Indonesia, Social Media hanya untuk sosialiasi (baca:ngobrol). Meski demikian kalangan bisnis melihatnya berpotensi dapat seperti di negara yang sudah maju. Itu sudah mulai dengan adanya hype dari e-commerce.
  • Meski ada banyak cara monetisasi Social Media, salah satunya adalah penggunaan Social Media untuk kolaborasi internal di organisasi.

Dari wawancara tersebut ada satu hal penting yang mengusik benak saya. Bila Anda perhatikan dari jawaban yang dituturkan (perhatikan pula kata yang saya garis bawahi di atas), tidak ada satupun kejelasan dan kepastian bagaimana memperoleh uang bagi bisnis dari Social Media.

Jika Social Media hanyalah sekedar banyak-banyakan follower, fans, like atau apapun itu; pleaseā€¦ show me wheres the money come from???

Anda dapat menyimak rekaman dari wawancara ini di http://www.bloombergindonesia.tv/videos/watch/17410/monetisasi-bisnis-dalam-ranah-media-sosial dan saya ingin tahu pendapat Anda. OK?

#HackingBisnis

Leave a Reply