Digital Marketing atau Online Marketing?

Adalah lumrah di dunia bisnis dan marketing terdapat kata-kata yang terdengar keren dan canggih. Sebab, itulah salah satu kerjaan orang marketing… bagaimana agar pasar mau mengalihkan perhatiannya sejenak.

Sebelum Digital Marketing naik daun dan kini dimana-mana banyak diperbincangkan, Online Marketing sempat muncul dan bersaing dengan Digital Marketing. Namun rupanya dalam perjalanan, Digital Marketing lebih dapat diterima oleh pasar ketimbang Online Marketing.

Kuartal awal tahun 2016, bersama dengan Dentistpreneur Indonesia, saya memberikan seminar sehari mengenai Digital Marketing kepada Dokter Gigi dan pemilik Klinik Gigi. Pada saat itu, saya belum membahas perbedaan Digital Marketing dan Online Marketing. Pada artikel ini, akan dibahas sebagian dari materi Digital Marketing yang pernah saya bawakan dan mengapa penting untuk mengetahui perbedaan Digital Marketing dan Online Marketing.

Digital Marketing

Pada awalnya, saya tidak menyadari persis apakah ada perbedaannya. Namun dengan latar belakang saya dari Teknologi Informasi dan Neuro-Linguistic Programming (NLP), seharusnya kata Digital sangat jelas mengarah kepada segala hal yang… digital. Sesederhana itu!

Jadi Digital Marketing dapat diartikan sebagai segala bentuk kegiatan marketing yang melibatkan perangkat digital. SEMUA perangkat elektronik, sudah pasti digital.

Nah sampai disini, jelas bahwa berbagai perangkat elektronik tergolong digital. Dan pemanfaatannya untuk marketing, termasuk sebagai Digital Marketing. Contoh:

  • Telepon
  • Feature Phone (hanya telepon dan SMS)
  • Smartphone
  • Fax
  • Televisi
  • Radio
  • Billboard elektronik
  • Internet

Tidak sedikit usaha mikro hingga enterprise yang masih menggunakan SMS. Bahkan, saat ini mereka dapat mengirimkan SMS jika Anda sedang berada dekat dengan lokasi mereka.

Telemarketing pun juga masih kerap digunakan, seperti penawaran asuransi dan pinjaman. Jika Anda menggunakan jasa tertentu, terkadang telemarketer akan menghubungi Anda dan menawarkan berbagai penawaran menarik.

Beberapa brand besar, baik yang berbasis internet ataupun tidak, juga beriklan di televisi. Walau saat ini sudah ada YouTube dan yang sejenisnya, kekuatan televisi dalam mempengaruhi persepsi masyarakat tetap masih kuat.

Online Marketing

Segala bentuk kegiatan marketing yang melibatkan internet adalah Online Marketing. Oleh sebab itu, Online Marketing merupakan bagian dari Digital Marketing. Berikut ini ada beberapa (tidak semua) istilah online marketing yang perlu Anda ketahui dan saya bahas singkat.

Content Marketing

Adalah suatu bentuk marketing yang mengandalkan pembuatan konten. Bentuknya beragam, dari berupa tulisan, audio hingga video. Platformnya juga tergantung dari bentuk konten yang hendak digunakan. Pendekatan ini mendapatkan pendapatan dari: iklan ataupun advertorial (narasi yang sebenarnya adalah iklan).

Contoh paling umum dijumpai adalah situs berita.

Instant Messaging

Adalah suatu bentuk marketing yang memanfaatkan berbagai platform instant messaging, seperti: BlackBerry Messanger (BBM), WhatsApp, Line dan masih banyak lagi. Kegiatannya dapat berupa konten ataupun iklan.

Jika Anda memperhatikan berbagai toko online berbasis website ataupun social media, biasanya pemilik toko akan menyediakan jalur komunikasi melalui beberapa platform instant messaging. Ini akan dimanfaatkan untuk membangun hubungan hingga memberikan berbagai penawaran.

Search Engine Marketing

Mesin pencari informasi atau search engine, dapat digunakan untuk kegiatan marketing. Search engine akan membandingkan kata-kata yang dicari pengguna dengan data berbagai situs yang dimilikinya. Setelah ketemu, maka hasilnya akan ditampilkan kepada pengguna dalam bentuk yang berurutan dari atas ke bawah (vertikal).

Ada dua pendekatan marketing menggunakan search engine, yaitu:

Search Engine Optimization (SEO)

SEO sering menjadi primadona karena dipersepsikan sebagai gratis! Pendekatan ini melibatkan content marketing. Agar sebuah situs dapat teroptimasi dengan baik, perlu melakukan optimasi onsite dan offsite. Biasanya dampak dari SEO tidak dapat terlihat dengan segera, terkadang butuh beberapa hari. Selain itu, bila tidak hati-hati, situs yang muncul pada halaman pertama boleh jadi tidak lagi muncul akibat search engine mengubah cara menilai situs – ini cukup sering terjadi.

Paid Search Engine Advertising

Pendekatan ini sebenarnya mengiklankan situs Anda terhadap hasil pencarian terhadap kata-kata tertentu dan diletakkan sebelum hasil SEO. Menggunakan pendekatan ini, akan memudahkan strategic business owner untuk melakukan menghitung berbagai aspek iklan dan dampaknya dengan segera.

Hack Note: Search engine tidak melulu Google & Bing. Cari tahu, apakah pada industri Anda, terdapat platform yang fungsinya seperti search engine.

Social Media Marketing

Ada begitu banyak social media. Namun hanya beberapa social media saja yang populer dan penggunanya terbilang cukup banyak. Diantaranya:

  • Twitter
  • Instagram
  • Facebook
  • Google Plus
  • LinkedIn
  • YouTube

Seperti halnya Search Engine Marketing, social media dapat digunakan untuk kegiatan marketing yang “gratis” dan berbayar. Pada beberapa platform, daya jangkau kegiatan marketing “gratis” semakin kemarin semakin berkurang.

Salah satu social media yang menjadi primadona beriklan saat ini adalah Facebook. Facebook menawarkan pengiklan untuk membidik pasar yang sangat spesifik. Maksudnya, Anda dapat memilih dengan cukup detail, dari jenis kelamin, minat/ketertarikan, lokasi geografis, siapa yang baru bercerai, siapa yang akan ulang tahun dan lain sebagainya.

Forum online juga dapat tergolong social media, sebab terdapat interaksi sosial pada forum tersebut. Contoh populer forum online di Indonesia adalah Kaskus.

Email Marketing

Email, sebagai salah satu teknologi yang tergolong kuno di era Internet, tetap merupakan primadona. Berdasarkan survei dan pengalaman para klien saya, email tetap memberikan tingkat konversi paling tinggi. Tidak heran berbagai brand besar seperti Lazada & MatahariMall gencar menggunakan email sebagai salah satu senjata marketingnya.

Seperti halnya Instant Messanger, email dapat Anda pergunakan untuk membangun hubungan dengan prospek dan pelanggan, sekaligus memberikan berbagai penawaran kepada mereka.

* * *

Digital Marketing bukanlah mengenai internet saja, lebih dari itu. Dan semestinya, berbagai pengajaran digital marketing juga membahas hal ini agar Anda memiliki lebih banyak senjata untuk kegiatan marketing Anda. Lebih banyak senjata, berarti Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menjangkau dan membuat prospek dan pelanggan Anda untuk mau bertransaksi dengan Anda. Yang artinya, lebih banyak keuntungan bagi bisnis Anda.

Jadi, kenapa juga membatasi diri dengan online marketing?

#HackingBisnis

“Exploit Your Business to Ultimate Profit”

Dapatkan artikel dan informasi SPESIAL lainnya dengan menuliskan Nama & Email Anda. SAAT INI JUGA!

Leave a Reply