2 Tantangan Pemimpin Bisnis Masa Kini

Apa yang menjadi tantangan para pemimpin bisnis di masa kini? Apakah kurangnya ilmu kepemimpinan? Tetapi ada begitu banyak buku bertema kepemimpinan bertebaran di rak toko buku. Kalau begitu, apa yang kurang?

Dalam konteks bisnis, seorang Pemimpin dituntut untuk mampu mengambil keputusan strategis yang tepat. Terutama didalam dunia yang berubah dengan begitu cepat, Pemimpin bisnis dituntut mampu mengikuti dinamika tersebut. Jika tidak, lambat laun bisnis akan tersingkir dari arena kompetisi.

Untuk mengambil keputusan strategis, seorang Pemimpin perlu memiliki informasi yang tepat dan benar. Yang sering kali membuat keputusan strategis menjadi mandul karena keputusan dibuat berdasarkan asumsi dan informasi yang tidak tepat dan tidak benar.

Nah, seperti yang kita semua ketahui, kemajuan Teknologi Informasi telah mengubah jaman dimana kita sekarang berada menjadi jaman dimana arus informasi bergerak dengan leluasa tanpa batas ruang dan waktu. Oleh karena itu, tantangan pertama seorang Pemimpin bisnis masa kini adalah…

Tantangan #1 – Informasi Sampah

Ditengah derasnya arus informasi dan munculnya budaya berbagi informasi tanpa dikritisi, Pemimpin masa kini dihadapkan kepada persoalan memilah dan memilihnya. Pakar pemasaran Jack Trout pernah mengatakan bahwa sebagian tren direkayasa untuk membuat surat kabar atau majalah laku, bukan untuk membantu Anda menjual produk.

Pemimpin bisnis perlu mengetahui informasi atau data mana sajakah yang tepat dan benar, guna mengambil keputusan yang tepat. Keputusan menjadi tidak tepat ketika tidak berdasarkan informasi atau data yang tidak tepat pula. Ingat… “Garbage In, Garbage Out” – ya saya tahu… sekarang ada alat mengolah agar sampah jadi lebih bermanfaat, tapi otak Anda bukan alat itu 🙂

Berikut ini urutan pertanyaan yang dapat menjadi refleksi:

  • Media apa saja yang selama ini menjadi acuan Anda?
  • Siapa saja yang selama ini Anda perhatikan nasihatnya?
  • Apakah sumber-sumber tersebut memiliki reputasi dan kredibilitas dalam menyampaikan informasi dan data yang tepat dan benar?

Anda perlu waspada dengan apa atau siapapun yang terkenal. Yang terkenal, belum tentu yang benar.

Tantangan #2 – Pembenaran

Apabila tantangan pertama telah diatasi, maka muncul tantangan yang tidak kalah beratnya. Apakah yang akan seorang Pemimpin lakukan terhadap informasi atau data yang telah diterimanya. Pemimpin yang bijak perlu waspada terhadap sikap dirinya dalam menyikapi informasi dan data yang diperolehnya. Akankah ia menerima apa adanya atau malah melakukan pembenaran.

Seberapa sering Anda menyadari saat Anda menyukai sebuah informasi – ambil contoh berita – yang isinya hanya memenuhi atau membenarkan apa yang ingin Anda ketahui. Atau sebaliknya, informasi yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang ingin Anda ketahui; apakah Anda merasa terusik, merasa tidak ingin salah?

Dan yang lebih konyol, terkadang sudah tahu informasinya sampah. Tetapi tetap saja ingin mempercayai bahwa itu benar, itu fakta; hanya karena itu yang ingin didengar, hanya karena itu yang ingin dipercaya.

Pasar sudah mulai meninggalkan kamera dengan film rol. Kodak ingin percaya bahwa kamera dengan film rol masih banyak peminatnya. Pasar sudah menginginkan telepon selular yang lebih cepat, memiliki banyak aplikasi dan murah. BlackBerry ingin percaya bahwa telepon selular yang biasa saja dengan keamanan tinggi serta aplikasi secukupnya masih banyak diminati.

Hampir selalu kebenaran itu bukanlah hal yang menyenangkan atau enak didengar. Dan sangat mungkin seorang Pemimpin bisnis melakukan pembenaran – atas apa yang telah, sedang dan akan dilakukannya – karena itu membuatnya tetap nyaman.

#HackingBisnis

“Exploit Your Business to Ultimate Profit”

Dapatkan artikel dan informasi SPESIAL lainnya dengan menuliskan Nama & Email Anda. SAAT INI JUGA!

Leave a Reply